Selasa, 16 Oktober 2012

Awas ! Aplikasi Facebook Curi Data Pengguna !


Trend Micro sebagai salah satu perusahaan keamanan ternama di dunia telah melaporkan mengenai adanya aplikasi Facebook yang mampu mencuri informasi dan mengirim spam ke korbannya . Sampai saat ini ini, sudah ditemukan 6 aplikasi pencuri yang telah teridentifikasi yaitu “Stream”, “Posts”, “Your Photos”, “Birthday Invitations”, “Inbox (1)”, dan “Inbox (2)”.

Notifikasi pertama berupa hyperlink yang kemudian mengarah ke situs phishing di domain “fucabook.com”. Setelah user memberikan informasi loginnya, maka user akan diarahkan langsung ke Facebook dan sebuah instalasi aplikasi bernama “Posts“. Lalu Ketika diinstal, aplikasi tersebut akan mengirimkan spam kepada teman user dengan notifikasi “Profile name has sent you a message”, dengan tambahan hyperlink ke situs phishing yang sama, kemudian hyperlink tersebut kemudian diarahkan ke alamat IP lainnya.

Menurut Ferguson, semua aplikasi tersebut beraksi sama seperti aplikasi lainnya, termasuk untuk perlakuan ke iklan. Sementara pihak Facebook belum berkomentar lebih lanjut dan berjanji akan mencari inti masalahnya. Ferguson menyarankan kepada pengguna Internet, untuk selalu mengecek URL yang tertampil di address bar browser sebelum memasukan informasi penting ke situs tersebut dan menekan mouse ke hyperlink untuk melihat URL. Pengguna Facebook juga harus me-reviwe setting privacy secara rutin dan menghapus aplikasi yang sudah tidak digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar