Selasa, 16 Oktober 2012

AKSES E-MAIL DENGAN POP

Dengan POP, kita dapat membaca e-mail secara offline. Jika server dari e-mail kita memiliki layanan e-mail berbasis POP3 (Post Office Protocol Version 3), kita dapat menggunakan perangkat lunak e-mail client, seperti Microsoft Office Outlook 2010, untuk mengambil e-mail yang ada di server ke komputer kita.

Berikut adalah beberapa komponen yang harus disiapkan sebelum melakukan pengaturan e-mail client ke server POP3 :
  1. Alamat server POP3, yaitu alamat server e-mail yang menyediakan layanan POP.
  2. Alamat server SMTP (Simple Mail Transport Protocol), yaitu suatu protokol bagi client untuk mengirim e-mail yang ditujukan ke pengguna lain di internet. SMTP merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan e-mail ke sebuah server jaringan internet.
  3. Nama login untuk akses ke e-mail POP. Login yang digunakan adalah user ID (alamat e-mail), tetapi beberapa penyedia layanan e-mail menentukan login dengan user ID tanpa diikuti oleh nama domain.
  4. Port number POP3, SMTP, dan koneksi SSL (Secure Socket Layer). Komponen ini merupakan ketentuan tambahan dari beberapa penyedia layanan e-mail.
Jika kita telah mengaetahui ketiga komponen utama ini dan satu komponen tambahan, kita akan dapat melakukan akses e-mail POP dengan e-mail client Microsoft Outlook. Saat ini, akses e-mail dengan POP tidak disediakan oleh server yahoo.com. Kita dapat menggunakan server lain, seperti server yahoo.co.id, gmail.com, atau telkom.net.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar